Catur Jateng Sumbang 2 Emas dan 1 Perak di Pornas XVI Korpri Jawa Tengah 2023

Kontingen Jawa Tengah di Pornas XVI Korpri 2023 terus menambah pundi-pundi medali. Kali ini cabang olahraga Catur menyumbang 3 medali. Cabor Catur Jawa Tengah mampu mengoleksi 3 medali terdiri dari 2 emas dan 1 perak dalam final Pornas XVI Korpri 2023 pada Rabu 19 Juli 2023, di Gedung Gradhika Bhakti. Total medali yang diperebutkan di cabor catur yakni 9 emas, 9 perak dan 9 perunggu. Emas Catur Jateng di Pornas Korpri disabet pada nomor tanding Beregu Cepat Putri (emas), Beregu Mix Kilat (emas) dan Beregu Klasik Putri (perak).

Dengan sembilan nomor pertandingan diantaranya Beregu Mixed Catur Kilat, Beregu Putra Catur Cepat, Beregu Putra Catur Standar, Beregu Putri Catur Cepat, Beregu Putri Catur Standar. Kemudian nomor tanding Perorangan Putra Catur Cepat, Perorangan Putra Catur Standar, Perorangan Putri Catur Cepat, Perorangan Putri Catur Standar.  "Dapat emas dan perak, tahap pertama dan kedua yang terberat beregu putri ada dari Kemenkeu, yang putra lawan berat dari Kemenkeu, Jabar, Jatim, Aceh dan Banten," kata Sofyan Soamole MN, atlet asal Purworejo.

Kontingen Jawa Tengah harus berbagi medali yang sama dengan Kementerian Keuangan dan Provinsi Banten. Yakni sama-sama merebut 2 emas dan 1 perak. Catur Jawa Tengah berhasil menggapai final setelah melalui 7 babak penyisihan pertandingan. Kontingen Kemenkeu menjadi lawan yang cukup berat bagi Jateng. "Paling berat kemenkeu, yang putra itu semua yang banyak bergerak. jadi kita bisa sabet dua medali," katanya.

Didik Saktiaji pelatih kontingen catur Jateng mengatakan, persiapan atlet sudah dilakukan jauh hari dan memang menargetkan emas. "Persiapan kita mateng, adanya TC untuk atlet, silaturahmi dan membaca peta permainan baik untuk putra dan putri, kita ada latih tanding dan petakan kekuatan lawan," katanya.

Didik menyebut jika lawan yang terberat sudah bisa diprediksi yakni Jabar dan Jatim yang cukup merepotkan untuk tim putra dan putri. "Lawan terbarat sudah kita petakan ada jatim dan jabar namun ada yang di luar prediksi yakni ada kemenkeu yang tiba-tiba muncul," katanya. Kedepan, pihaknya akan melakukan evaluasi tim terutama untuk seleksi atley dengan menekankan peta kekuatan pada tim putra. Tim kontigen atlet catur Jateng di Pornas XVI Korpri 2023 Jawa Tengah diantaranya, Sofyan Soamole MN, Candra Putra Winanyu, Zahra Chumaira Amelia H, Tiara Nugraeni Eka S. Kemudian Riris Trima Derita Sari, Retno Ayu Mawarti, Nur Hasanah, Suharna, Sigit Sugiarto, Mochamad Adip Edi Wibowo. Tim pelatih terdiri dari Didik Saktiaji dan Abdul Jalil.