CdM Meeting PORNAS XVI KORPRI 2023

SEMARANG, suaramerdeka.com - Pelaksanaan Pekan olahraga Nasional (PORNAS) Korps Pegawai Republik Indonesia (KORPRI) XVI tahun 2023 terus dikebut persiapannya jelang digelar pada Juli tahun ini di Kota Semarang, Jawa Tengah.

Ketua harian Badan Pembina olahraga (Bapor) KORPRI Jateng, Budi Santoso mengatakan dari segi kesiapan venue yang akan digunakan juga telah dipersiapkan semaksimal mungkin.

Berkaitan dengan itu, hal-hal teknis lain serta peninjauan venue juga mulai dilakukan jelang pelaksanaan PORNAS KORPRI tahun ini.

"Kesiapan kita tentu dari aspek keseluruhan, hari ini bagian dari kesiapan pernak-pernik jelang event nanti, termasuk membahas regulasi dan lain sebagainya. Ketua delegasi dari masing-masing lembaga dan juga provinsi yang akan ikut nantinya. Akan ada 50 lembaga dan seluruh provinsi se-Indonesia. Berarti sekitar 80-an kontingen," kata Budi usai menghadiri Chief de Mission (CDM) Meeting PORNAS XVI KORPRI 2023 di Hotel Plaza Semarang, Kamis 23 Februari 2023 malam.

Jumlah kontingen yang mengikuti PORNAS KORPRI XVI ini lebih banyak dibandingkan dengan gelaran sebelumnya di Bangka Belitung.

Budi menambahkan, dari segi kesiapan venue sejauh ini persiapannya berjalan cukup lancar, apalagi venue yang akan digunakan juga telah teruji dalam event internasional seperti Asean School Games 2019 silam.

Nantinya, panitia pelaksana (Panpel) serta perangkat pertandingan turut melibatkan KONI.

"Maka KONI nanti akan hadir, ini kaitannya juga dengan perangkat pertandingan. Akan ada sepuluh cabor dan 51 nomor. Jadi akan memperebutkan 51 medali emas," tuturnya.

Budi menegaskan, syarat peserta wajib berstatus ASN, ataupun calon ASN yang telah mendapatkan SK pegawai negeri.

Peserta nantinya tidak dibatasi usia, dan boleh diikuti oleh atlet profesional yang berstatus sebagai ASN.

"Kita tidak membatasi usia, termasuk juga atlet juara dunia juga bisa mengikuti dengan syarat telah berstatus ASN," ungkapnya.

"Harapan kita empat sukses, yaitu sukses prestasi, sukses penyelenggaraan, sukses administrasi, dan sukses ekonomi kerakyatan. Kita harap Jawa Tengah juara umum," jelasnya.

Sementara itu, Sekda Jateng Sumarno yang juga menjabat sebagai Ketua DPD KORPRI Jateng menekankan, dalam CDM Meeting PORNAS XVI KORPRI 2023, segala aspek persiapan bisa dibahas secara tuntas.

Agar dalam waktu pelaksanaan PORNAS KORPRI nantinya dapat berjalan lancar serta menghasilkan putusan- putusan yang bermanfaat baik bagi kemajuan organisasi maupun kemashlatan anggota.

Sumarno berharap, dari PORNAS KORPRI tidak hanya prestasi, tetapi melalui pengembangan bidang olahraga ini, akan menciptakan ASN yang bugar serta sehat jasmani dan rohani, sehingga mampu meningkatkan produktivitas kinerja dalam mencapai target-target dan meraih prestasi kerja.

Pihaknya juga mengatakan selama gelaran nasional tersebut, baik sejak pra-event hingga paska event, semuanya diharapkan mampu menunjukkan keramahan Jateng kepada seluruh kontingen.

"Sehingga mereka betah dan ingin kembali berkunjung ke provinsi ini. Selain itu, jaga integritas kawan-kawan yang terlibat dalam perhelatan nasional tersebut. Jaga nama baik Jateng dan KORPRI," ucapnya.

Dengan adanya PORNAS KORPRI yang akan diselenggarakan di Provinsi Jawa Tengah, diharapkan dapat meningkatkan prestasi olahraga nasional khususnya untuk ASN Se-Indonesia.

"Seperti kita tahu, prestasi Jawa Tengah di bidang olahraga sudah diakui sampai tingkat nasional. Hal yang sangat membanggakan ini tentu saja harus diikuti termasuk oleh anggota KORPRI. Sehingga Penting Bapor KORPRI Jawa Tengah melakukan kerjasama dengan Komite olahraga Nasional Indonesia (KONI) untuk meningkatkan prestasi para atlet Aparatur Sipil Negara (ASN)dalam berbagai cabang olahraga," katanya.

PORNAS KORPRI XVI kembali digelar setelah vakum karena pandemi covid-19.

Sepuluh cabang olahraga yang akan diperlombakan di antaranya bola voli, bulu tangkis, catur, tenis meja, gate ball, tenis lapangan, senam, futsal, bola basket dan balap sepeda.***

https://www.suaramerdeka.com/jawa-tengah/047714289/pelaksanaan-pornas-korps-pegawai-republik-indonesia-korpri-xvi-tahun-2023-terus-dikebut-persiapannya