Bertanding, Berwisata dan Kuliner

Selama perhelatan Pekan Olahraga Nasional Korps Pegawai Republik Indonesia (PORNAS KORPRI) di Jawa Tengah, (13-21/7).

Belum lengkap jika tidak menyempatkan berkunjung ke tempat wisata dan menikmati kuliner khas Jawa Tengah disela-sela bertanding.

"Disini banyak sekali tempat kuliner enak, tempat jajan yang menarik, tempat wisata yang OK," kata Gubernur Jawa Tengah," Ganjar Pranowo saat menyampaikan sambutan pada pembukaan PORNAS KORPRI ke-XVI di Gor Indoor Jaridiri Semarang, Jumat (14/7).

Orang nomor satu di Jawa Tengah ini, mengaku senang, jika selama perhelatan PORNAS KORPRI, para peserta bisa mengunjungi tempat-tempat wisata dan menikmati makanan khas Jawa Tengah.

Dari banyak kuliner yang ditawarkan, salah satu kuliner yang banyak kita jumpai adalah soto.

Kami rekomendasikan lima jenis soto khas Jawa Tengah yang harus dicoba, yaitu soto soto kudus, soto boyolali, soto sokaraja, soto grombyang dan soto bangkong.

Kesegaran soto cocok dinikmati pada pagi dan siang hari. Jika sore dan menjelang malam hari akan banyak kita jumpai warung nasi ayam khas semarang dan bakmi jawa.

Nah yang satu ini wajib anda coba jika di Semarang dan mungkin jarang kita jumpai di kota manapun. Kuliner ini cukup banyak penggemarnya di Semarang, tak lengkap rasanya jika belum mencoba masakan kepala ikan mayung.

Tentu ada banyak lagi kuliner khas Jawa Tengah, seperti lumpia, kue moci, gethuk, bakpia, bandeng presto dan masih banyak lagi.

Jawa Tengah memang surganya wisata candi. Banyak objek wisata candi yang terkenal, yaitu Candi Borobudur, Candi Prambanan, Candi Gedung Songo, dan candi-candi lainnya di dataran tinggi dieng di Kabupaten Banjarnegara.

Di Kota Semarang sendiri banyak menawarkan objek wisata yang menarik untuk dikunjungi, seperti gedung lawang sewu, sam poo kong, taman maerokoco, masjid agung Jawa Tengah, Museum Ronggowarsito.

Kemudian kawasan kota lama dan Simpang Lima yang sangat ramai dikunjungi menjelang sore dan malam hari.

Di kota lama ada gereja yang eksotis peninggalan Belanda yang sangat cantik buat berswa foto, sedangkan disekitaran kawasan simpang lima banyak pusat perbelanjaan dan kuliner.
#pornaskorpri2023