Pornas XVI Korpri Diharap Tingkatkan Kebersamaan ASN

Ajang Pekan Olahraga Nasional (Pornas) XVI Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri) resmi digelar di Jawa Tengah. Pesta olahraga ASN se-Indonesia ini diharap tidak hanya menjadi ruang untuk meraih prestasi, tapi juga diharap meningkatkan kebersamaan dan silaturahmi.

Pornas XVI Korpri Jawa Tengah 2023 berlangsung 15 hingga 21 Juli 2023. Pembukaan acara ini ditandai dengan peletakan wayang berupa gunungan dan tokoh semar oleh Menteri PAN-RB Abdullah Azwar Anas, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, dan Dewan Pengurus Pusat Korpri Zudan Arif Fakhrulloh. 

Perhelatan ini diikuti ratusan kontingen dari 38 provinsi. Lebih dari enam ribu atlet turut berpartisipasi dalam kegiatan tersebut, bersama pelatih, official, dan tim medis.
 
Dewan Pengurus Pusat Korpri Zudan Arif Fakhrulloh menjelaskan, Pornas Korpri tahun ini cukup spesial karena diikuti oleh perwakilan dari setiap provinsi yang ada di Indonesia. Oleh karena itu pula perhelatan Pornas diharap tidak hanya menjadi ajang ASN meraih prestasi di bidang olahraga, tapi juga meningkatkan kebersamaan satu sama lain.

Provinsi terbanyak mengirimkan atletnya adalah Jawa Tengah dengan 183 atlet, diikuti Sumatera Barat 179 atlet, dan Jawa Barat 173 atlet.
 
Sementara itu, Ganjar Pranowo mengaku senang Jawa Tengah bisa menjadi tempat berkumpulnya ASN se-Tanah Air. Ia berharap berbagai persiapan maupun layanan yang dilakukan oleh Pemprov Jateng maupun Pemkot Semarang bisa menjadi yang terbaik bagi seluruh kontingen yang hadir.

Ia juga mengaku senang karena tahun ini ada perwakilan dari provinsi baru yakni dari Papua Tengah, Papua Pegunungan, Papua Selatan, dan Papua Barat Daya.
 
Mewakili Presiden Joko Widodo, Menteri PAN-RB Abdullah Azwar Anas turut menjelaskan bahwa pihaknya senang dengan momen berkumpulnya ASN dalam perhelatan kali ini. Menurutnya, Presiden juga mengucapkan terimakasih atas dedikasi yang telah diberikan ASN selama ini. Para ASN diharap tetap profesional sekaligus semakin kreatif dan inovatif dalam memberikan pelayanan. 

Tak ketinggalan, ASN yang akan bertanding kali ini pun mengaku senang mendapat kesempatan untuk mengenal sesama anak bangsa yang memberikan pelayanan pada masyarakat dalam kesempatan ini. Mereka mengaku siap untuk bertanding di berbagai cabang olahraga yang dilombakan kali ini
 
Pornas XVI Korpri Jawa Tengah 2023 akan mempertandingkan 10 Cabor. Yaitu balap sepeda, bola voli, bola basket, bulu tangkis, catur, futsal, gateball, senam korpri, tenis meja, dan tenis lapangan. Ada 54 nomor pertandingan yang memperebutkan 54 medali emas, 54 perak dan 71 perunggu.