PORNAS KORPRI XVI Jateng 2023 Diharapkan Jadi Pemicu Peningkatan Prestasi Kerja

Ajang Pekan Olahraga Nasional (Pornas) Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri) XVI Jateng 2023 diharapkan makin mempererat tali silaturahmi antar lembaga.

Kegiatan olahraga antar pegawai pemerintah yang terdiri dari berbagai unsur ini akan mempertandingkan 10 cabang olahraga, di antaranya balap sepeda, bola voli, bola basket, bulu tangkis, catur, futsal, gateball, senam korpri, tenis meja dan tenis lapangan.

Pelaksanaan pertandingan akan dimulai dari 15 sampai 21 Juli 2023.

Melalui ajang multievent ini, diharapkan muncul prestasi olahraga yang membanggakan sekaligus meningkatkan prestasi kerja. Sehingga hal ini berdampak pada negara yang semakin kuat.

''Pegawai pemerintah terdiri banyak unsur. Melalui Pornas ini, menyatukan mereka dan saling bersilaturahmi. Dalam ajang ini, terpenting adalah membangun sportivitas, meski prestasi juga dikejar. Jika ada permasalahan, pastinya bisa diselesaikan dengan mekanisme yang ada. Sebab, pada intinya semua adalah rekan kerja,'' tutur Sekda Jateng Sumarno dalam gala dinner di Lawang Sewu Semarang, Kamis (13/7/2023). 

Dia berharap, ajang multicabang khusus pegawai pemerintah ini bisa berdampak bagus bagi perekonomian Jateng ke depan.

''Suatu kebanggan bagi Jateng terutama Kota Semarang yang ditunjuk menjadi tuan rumah Pornas Korpri XVI. Tahun lalu sempat vakum karena covid dan kami sudah mempersiapkan dengan sebaik-baiknya,’’jelas Sumarno.

Dikatakannya, pertumbuhan terbesar di Jateng pada bidang konsumsi.

Wali Kota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu mengatakan, pihaknya sangat mendukung Pornas Korpri XVI ini.

''Pasti kami membantu Pemprov Jateng dalam hal persiapan ajang ini. Sebab, kegiatan ini juga berdampak pada Kota Semarang yang ditunjuk sebagai tuan rumah,'' tutur mBak Ita sapaannya.

Ita berharap, atlet/pemain Korpri Jateng bisa bersaing ketat dengan daerah lain. Bahkan, katanya. bisa menjadi juara umum dengan sportivitas.

''Kami sangat bangga bisa menjadi bagian dari Pornas Korpri,'' ujar dia.

Ketua Umum Dewan Pengurus Korpri Nasional Zudan Arif Fakrulloh menjelaskan Pornas Korpri XVI Jateng 2023 ini lebih banyak jumlah pesertanya.

Terlebih ini menjadi terbesar sejak sejarah Pornas Korpri 1971.

''Sebelumnya hanya 3500 peserta, tapi 2023 ini yang terdaftar hampir 6000 peserta. Ini Pornas Korpri terbesar sejak sejarah Pornas Korpri di tahun 1971,'' jelas Zudan.

''Hal ini salah satunya dikarenakan jumlah cabang yang dipertandingkan/diperlombakan bertambah. Jumlah kontingen juga bertambah. Ini sangat bagus sekali,'' tutur Zudan.